LAPORAN HASIL OBSERVASI
PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) PAKET B DARUL FIKRI DI KECAMATAN DUKUPUNTANG
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan (PBK)
Oleh :
1. Anah Chairunnisa : 100641319
2. Baren Riyantika P : 100641393
3. Ernah : 100641179
4. Fieda Hafriyanti : 100641216
5. Ningsih Nurhaeli : 100641098
6. Nuryaman : 10064
7. Rohmani Dwi A : 100641416
8. Selly Ambarwati : 100641140
9. Siti Nur’aeni : 100641059
Kelas : B17 K
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2011
KATA
PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam
kami sampaikan kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya makalah ini dapat
kami selesaikan sesuai dengan yang diharapkan. Kami juga bersyukur atas rizki
dan kesehatan yang telah
diberikan
oleh-Nya sehingga
kami dapat menyusun
makalah ini.
Laporan ini disusun untuk diajukan sebagai
salah satu tugas mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan (PBK) dengan judul “Pusat Kegiatan Belajar
Masyarakat (PKBM) Paket B Darul Fikri di Kecamatan Dukupuntang”. Laporan ini berisikan mengenai profil, keunggulan serta proses belajar Paket B.
Kami mengakui bahwa
dalam menyusun makalah ini tidak dapat diselesaikan tanpa adanya bantuan
dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada
:
1.
Ibu Dewi Yuningsih, S.Pd selaku dosen mata kuliah Pembelajaran Berwawasan
Kemasyarakatan (PBK) di Universitas Muhammadiyah
Cirebon
2.
Bapak Ahmad
Alimin, S.Pd selaku ketua lembaga PKBM Darul Fikri di Dukupuntang
3.
Rekan-rekan dan keluarga
Kami menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat
dalam laporan hasil observasi ini. Untuk itu penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran
dari semua pihak. Semoga laporan ini memberikan informasi bagi
pembaca dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Cirebon, Januari 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
........................................................................... ii
DAFTAR ISI
.......................................................................................... iii
BAB I. PENDAHULUAN
................................................................... 1
A. Latar Belakang
.................................................................. 1
B. Maksud dan Tujuan
........................................................... 2
C. Bentuk Kegiatan ................................................................ 2
D. Pelaksanaan Kegiatan
........................................................ 2
E. Waktu dan Tempat
............................................................ 3
F.
Peserta Mahasiswa dan Anggotanya ................................. 3
BAB II. KEGIATAN OBSERVASI ...................................................... 4
A.
Keunggulan PKBM Darul Fikri ........................................ 4
B.
Profil PKBM Darul Fikri ................................................... 8
C.
Visi dan Misi
PKBM Darul Fikri ...................................... 9
D.
Sasaran
Program PKBM Darul Fikri ................................ 10
E.
Pembiayaan
....................................................................... 10
BAB III. PEMBAHASAN .................................................................... 11
A.
Pengertian dan Tujuan PKBM .......................................... 11
B.
Proses Belajar Mengajar di PKBM Daru Fikri ................. 11
BAB IV. PENUTUP.............................................................................. 13
A. Kesimpulan
........................................................................ 13
B. Saran
.................................................................................. 13
LAMPIRAN
........................................................................................... iv
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kunci pembangunan masa mendatang bagi bangsa Indonesia adalah
pendidikan. Sebab
dengan pendidikan diharapkan setiap individu dapat meningkatkan kualitas
keberadaannya dan mampu berpartisipasi dalam gerak pembangunan. Dengan pesatnya
perkembangan dunia di era globalisasi ini, terutama di bidang
teknologi dan ilmu pengetahuan, maka pendidikan nasional juga harus
terus-menerus dikembangkan seirama dengan zaman. Untuk itu, pemerintah membentuk suatu kegiatan belajar di masyarakat yaitu
dengan adanya pelaksanaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di berbagai daerah.
Melalui kegiatan belajar ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara
memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan sehingga masyarakat memiliki berbagai potensi.
Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM) adalah suatu wadah berbagai kegiatan pembelajaran
masyarakat diarahkan pada pemberdayaan potensi untuk menggerakkan pembangunan
di bidang sosial, ekonomi dan budaya. PKBM ini membantu masyarakat untuk
mendapatkan pendidikan walaupun bukan berasal dari kesadaran masyarakat itu
sendiri melainkan dengan dilakukannya berbagai pendekatan oleh pelaksana PKBM
ini. Salah satunya di PKBM Darul Fikri dimana dalam mendapatkan masyarakat yang
ingin belajar sangatlah sulit, maka dilakukanlah pendekatan kepada mayarakat
sehingga mereka mau belajar. Proses belajar mengajar
merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai
pemegang peranan utama. Karena proses belajar-mengajar mengandung serangkaian perbuatan
pendidik/guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam
situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi atau hubungan timbal
balik antara guru dan siswa itu merupakan syarat utama bagi berlangsungnya
proses belajar-mengajar.
B.
Maksud
dan Tujuan
Adapun maksud
dari observasi makalah ini adalah untuk:
1.
Menambah pengetahuan tentang bagaimana pelaksanaan Pusat
Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di suatu daerah.
2.
Membantu dan mengarahkan masyarakat untuk memperoleh
pendidikan.
3.
Menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan.
Tujuan pembuatan laporan ini untuk :
1.
Memenuhi salah satu
tugas mata kuliah Pembelajaran
Berwawasan Kemasyarakatan (PBK).
2.
Mengetahui profil Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM).
3.
Mengetahui seperti apa pelaksanaan proses
belajar mengajar paket B di
Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM) Darul
Fikri.
4.
Mengetahui
unsur-unsur proses pendidikan di dalam Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM).
5.
Mengetahui seberapa besar masyarakat berpartisipasi dalam
mendapatkan pendidikan melalui PKBM.
C.
Bentuk Kegiatan
Dalam observasi ini bentuk kegiatan yang kami
lakukan adalah silaturahmi dan wawancara dengan ketua lembaga dan warga belajar
di Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM) Darul Fikri, dan juga melakukan tinjauan pada pelaksanaan proses kegiatan belajar
Paket B.
D.
Pelaksanaan Kegiatan
Berikut adalah pelaksanaan kegiatan belajar Paket B
di PKBM Darul Fikri yang dilaksanakan pada 3 (tiga) hari di tempat kegiatan
belajar Paket B dimasing-masing daerah, yaitu:
1. Hari :
Jum’at
Waktu :
14.00 s/d 17.30 WIB
Metode Belajar :
Tutorial
2. Hari :
Sabtu
Waktu :
14.00 s/d 17.30 WIB
Metode Belajar :
Tatap Muka
3. Hari :
Minggu
Waktu :
14.00 s/d 17.30 WIB
Metode Belajar :
Tutorial
E.
Waktu dan Tempat
Kami
melakukan
observasi untuk memperoleh data-data mengenai kegiatan Paket B
dimana kegiatan observasi dilaksanakan pada :
hari / tanggal : Sabtu, 31
Desember 2011
tempat : PKBM Darul
Fikri Kecamatan Dukupuntang Kabupaten
Cirebon
waktu :
13.00 s.d selesai WIB
F.
Peserta Mahasiswa dan Anggotanya
Dalam melaksanakan
kegiatan observasi, berikut adalah anggota-anggota yang melaksanakannya, yaitu:
1.
Anah Chairunnisa
2.
Baren Riyantika P.
3.
Ernah
4.
Fieda Hafrianty
5.
Ningsih Nurhaeli
6.
Nuryaman
7.
Rohmani Dwi A
8.
Selly Ambarwati
9.
Siti Nur’aeni
BAB II
KEGIATAN OBSERVASI
A.
Keunggulan
PKBM Darul Fikri
1.
Prasarana
No
|
Jenis
Prasarana
|
Jumlah
|
Kondisi
|
Luas (m3)
|
|||
Baik
|
Rusak
|
<
45
|
45
|
>45
|
|||
A. Prasarana Kantor Penunjang
|
|||||||
1.
|
Ruang Pimpinan
|
1
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
2.
|
Ruang Staf
|
1
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
3.
|
Ruang tutor
|
1
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
4.
|
Ruang pertemuan/ serbaguna
|
1
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
5.
|
Ruang tamu
|
1
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
6.
|
Ruang perpustakaan /TBM
|
1
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
7.
|
Ruang keterampilan
|
1
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
8.
|
Ruang ibadah
|
-
|
-
|
|
-
|
|
|
9.
|
Bilik peturasan (WC)
|
1
|
Ö
|
|
Ö
|
|
|
B. Prasarana Pembelajaran
|
|||||||
Ruang kelas
|
3
|
Ö
|
|
|
|
|
2.
Sarana
No.
|
Jenis Prasarana
|
Jumlah
|
Kondisi
|
|
Baik
|
Rusak
|
|||
A Sarana
Kantor dan Penunjang
|
||||
1.
|
Komputer sekretariat
|
1
|
Ö
|
|
2.
|
Jaringan internet
|
1
|
Ö
|
|
3.
|
Laptop
|
1
|
Ö
|
|
4.
|
Printer
|
1
|
Ö
|
|
5.
|
DVD/ CD Player
|
1
|
Ö
|
|
6.
|
Televisi
|
-
|
-
|
|
7.
|
LCD Projector
|
-
|
-
|
|
8.
|
Almari dokumen / Arsip
|
1
|
Ö
|
|
9.
|
Rak buku
|
1
|
Ö
|
|
B Sarana
Pembelajaran
|
||||
1.
|
Meja belajar
|
1
|
Ö
|
|
2.
|
Kursi belajar
|
1
|
Ö
|
|
3.
|
Meja tutor
|
1
|
Ö
|
|
4.
|
Kursi tutor
|
1
|
Ö
|
|
5.
|
Papan tulis / white board
|
1
|
Ö
|
|
6.
|
Alat:
|
-
|
-
|
|
a MaPel IPA
|
4
|
Ö
|
|
|
b MaPel IPS
|
4
|
Ö
|
|
|
c MaPel Matematika
|
4
|
Ö
|
|
|
7.
|
Alat Praktek :
|
|||
a MaPel IPA
|
4
|
Ö
|
|
|
b MaPel IPS
|
4
|
Ö
|
|
|
c MaPel Matematika
|
4
|
Ö
|
|
|
d MaPel Keterampilan:
|
||||
1 Mesin jahit/ obras
|
6 / 2
|
Ö
|
|
|
2 Kompor gas
|
3
|
Ö
|
|
|
3 Alat – alat masak
|
12
|
Ö
|
|
|
4 Sablon
|
6
|
Ö
|
|
3.
Administrasi
No.
|
Kelengkapan Administrasi
|
Ada
|
Tidak
|
A. Kesekretariatan
|
|||
1.
|
Buku induk peserta didik
|
Ö
|
|
2.
|
Buku daftar hadir peserta didik
|
Ö
|
|
3.
|
Buku induk tutor / pendidik
|
Ö
|
|
4.
|
Buku daftar hadir tutor / tenaga kependidikan/ pengelola
|
Ö
|
|
5.
|
Laporan bulanan pendidik/ tutor
|
Ö
|
|
6.
|
Buku tamu
|
Ö
|
|
7.
|
Buku inventaris barang
|
Ö
|
|
8.
|
Buku agenda surat masuk dan surat keluar
|
Ö
|
|
9.
|
Buku tanda terima ijazah
|
Ö
|
|
10.
|
Papan informasi program (monografi)
|
Ö
|
|
B. Pembelajaran
|
|||
1.
|
Jadwal pembelajaran
|
Ö
|
|
2.
|
Buku daftar nilai peserta didik
|
Ö
|
|
3.
|
Buku rapor peserta didik
|
Ö
|
|
4.
|
Buku pelajaran dan pustaka lainnya:
|
||
a UN
|
Ö
|
|
|
b Non-UN
|
Ö
|
|
|
c Keterampilan
|
Ö
|
|
|
C. Pengelolaan program
|
|||
1.
|
Data/database program (statistik, data potensi, produk, peserta didik
& alumni, dll)
|
Ö
|
|
2.
|
Dokumentasi pelaksanaan program (foto. Video, dll)
|
Ö
|
|
3.
|
Laporan pelaksanaan program
|
Ö
|
|
4.
|
Arsip proposal
|
Ö
|
|
5.
|
Arsip perencanaan dan evaluasi
|
Ö
|
|
Dari data di atas, PKBM
Darul fikri memiliki keunggulan dari segi sarana, prasarana, administrasi dan
kemitraan. Prasarana pembelajaran yang dimiliki cukup baik dan memadai untuk
melakukan kegiatan belajar mengajar, prasarana kantor penujangpun hampir
semuanya dimiliki oleh PKBM Darul Fikri. Sedangkan, sarana yang dimiliki juga
sangat memadai untuk digunakan dalam kegiatan belajar, semua yang disediakan
oleh PKBM ini sangat baik untuk memberikan pengetahuan dari segi pelajaran
maupun keterampilan. Selain sarana dan prasarana yang lengkap, administrasi
yang dimilikipun hampir semua yang ada pada data diatas PKBM ini memilikinya. Namun,
tidak semua sarana dan prasarana disimpan dikantor PKBM tersebut, melainkan ada
beberapa sarana dan prasarana yang disimpan dirumah ketua lembaganya, karena
untuk mengantisipasi dari pencurian.
Selain
keunggulan diatas, PKBM Darul Fikri juga memiliki satu keunggulan lagi yaitu sudah
banyak memiliki kemitraan. Kemitraan yang dimiliki oleh PKBM Darul Fikri sangatlah
banyak, yaitu sebagai berikut:
1.
UPT Pendidikan Kecamatan Dukupuntang, yang
dimulai dari tahun 2003 s/d 2012 dan bentuk kemitraannya adalah
merekomendasikan kegiatan.
2.
UPT SKB Kabupaten, yang dimulai dari tahun
2005 s/d 2012 dan pelatihan tutor adalah bentuk kemitraannya.
3.
LKP Mitra Karya, yang dimulai dari tahun 2009
s/d sekarang dan pelatihan tutor keterampilan adalah bentuk kemitraannya.
4.
Koperasi pasar keramat, yang dimulai dari
tahun 2010 s/d sekarang dan bentuk kemitraannya adalah penyaluran hasil karya
warga belajar.
5.
Eka Jaya Mobil dan Tien Salon, yang dimulai
dari tahun 2011 s/d sekarang dan bentuk kemitraannya adalah untuk para warga
belajar yang akan magang.
Dengan memiliki banyak kemitraan, mempermudah
warga belajar untuk langsung disalurkan bekerja di berbagai kemitraan tersebut.
Jadi, para warga belajar tidak perlu mencari pekerjaan, tetapi jika para warga
belajar ingin bekerja di tempat lain, maka akan di bimbing oleh para tutor
untuk melamar dan mempermudah mendapatkan pekerjaan ketempat lain.
B.
Profil
PKBM Darul Fikri
Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM) Darul Fikri di Kecamatan Dukupuntang adalah salah
satu tempat PKBM yang kami observasi. Kantor PKBM ini terletak di jalan Ki
Ageng Tepak desa Dukupuntang RT 03 RW 01 Kecamatan Dukupuntang Kabupaten
Cirebon Provinsi Jawa Barat. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
(PKBM) ini mendapatkan ijin operasional dengan nomer 421.10/2666/disdik pada
tahun 2009 dan akta notaris dengan nomer 31 yang di sahkan pada tanggal 11 Mei
2007. Namun, sebelum dikeluarnya akta, PKBM ini sudah mulai beraktifitas sejak
tahun 2003 hingga sekarang. Lembaga ini merupakan lembaga swasta yang belum
terakreditasi, tetapi untuk hasil warga belajarnya sudah di akui dengan baik
oleh berbagai kemitraan.
Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM) Darul Fikri memiliki delapan macam kelompok belajar,
diantaranya yaitu Paket A, Paket B, Paket C, Keaksaraan, Kesetaraan, Taman
Bacaan Masyarakat (TBM), Kursus Wirausaha Desa (KWD), Paud dan Kelompok Usaha
Pemuda Produktif (KUPP). Jenis keterampilan yang masih aktif hingga sekarang yang
diselenggarakan oleh PKBM ini adalah keterampilan tata boga, menjahit, sablon,
dan budidaya ikan air tawar. Namun, kami hanya mengobservasi kegiatan belajar
Paket B saja yang diman jumlah siswa Paket B adalah kelas awal sejumlah 25
orang, kelas lanjutan 1 adalah 25 orang dan kelas lanjutan 2 juga 25 orang,
tetapi yang hadir pada saat kegiatan belajar adalah kurang dari 25 orang.
Tenaga kependidikan dan tutor Paket B adalah hampir semuanya memiliki
pendidikan sudah S1 dan hanya satu orang tutor yang memiliki pendidikannya
Paket C.
Jarak
tempuh antara tempat tinggal peserta didik dengan tempat belajar dikantor PKBM
itu sendiri tidak terlalu jauh karena lokasi PKBM diadakan di daerah-daerah tertentu dan dikondisikan
dengan tempat tinggal warga belajar Paket
B yang mengikuti kegiatan PKBM tersebut sehingga
mempermudah warga belajar
yang mengikutinya karena
wilayahnya strategis yang
bertujuan agar warga belajar mau mengikutinya
dan merasa tertarik sehingga mereka
termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran itu. Dari tempat tinggal
peserta didik ke lokasi kegiatan belajar adalah kurang lebih 1 kilometer dalam waktu 10 menit
dengan berjalan kaki dengan jumlah peserta didik 25 peserta. Dari tempat tinggal
peserta didik dengan tempat belajar di kantor PKBM adalah kurang lebih 3 kilometer dalam waktu 10 menit
dengan menggunakan alat transportasi sepeda, motor atau angkutan
umum dengan jumlah peserta didik 25 peserta. Sedangkan dari kantor
PKBM dengan lokasi kegiatan belajar,
yaitu kurang lebih 4 kilometer dalam waktu 10 menit
dengan menggunakan alat transportasi baik sepeda, motor, atau angkutan umum
dengan jumlah 25 menit.
C. Visi dan Misi PKBM Darul Fikri
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ini memiliki
visi dan misi tersendiri yaitu sebagai berikut :
1.
Memiliki visi yaitu terwujudnya masyarakat
yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, terampil, mandiri, berdaya
saing dan gemar belajar.
2.
Dengan misi mewujudkan program PLS
(Pendidikan Luar Sekolah) yang berbasis pada masyarakat luas dan berorientasi
pada kecakapan hidup (life skill) dan memasyarakatkan belajar
dan membelajarkan masyarakat.
D.
Sasaran Program PKBM Darul Fikri
Sasaran dari program PBKM
ini adalah :
1. Masyarakat,
Lembaga, dan Organisasi terkait dengan penyelenggaraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.
2. Warga masyarakat
yang memerlukan informasi tentang program kegiatan yang dilaksanakan di PKBM.
3. Warga masyarakat
yang ingin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan
nonformal dan informal
4. Warga masyarakat
yang belum pernah atau putus sekolah berkeinginan masuk sekolah atau
melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
5. Pemerintah dan
dunia usaha yang terkait untuk dijadikan mitra karena kepeduliannya untuk membantu
dan mendukung pendidikan non formal melalui PKBM.
E. Pembiayaan
Sumber dana yang
diperoleh pengelola PKBM adalah antara lain dari:
a. Mitra
Kerja PKBM
b.
Pengelola PKBM / Sumbangan warga
belajar
c. Swadaya
Masyarakat
d.
Tokoh Masyarakat
e. Bantuan
dari Pemerintah
f.
Sumber lain yang sah dan tidak mengikat
BAB 3
PEMBAHASAN
A.
Pengertian dan Tujuan
PKBM
Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah suatu tempat kegiatan
pembelajaran masyarakat yang diarahkan pada pemberdayaan potensi masyarakat
untuk menggerakkan pembangunan di bidang sosial, ekonomi, dan budaya. Sedangkan, tujuan dibentuk PKBM adalah untuk mengintegrasikan berbagai kegiatan
pembelajaran masyarakat sehingga tercipta hubungan pendidikan, ekonomi, sosial,
dan budaya masyarakat serta memudahkan kontrol mutu hasil pembelajarannya. PKBM
dikelola oleh lembaga swadaya masyarakat atau organisasi lainnya.
B.
Proses Belajar mengajar
di PKBM Darul
Fikri
Proses pendidikan atau proses belajar mengajar merupakan kegiatan
memobilisasi segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada
pencapaian tujuan pendidikan. Bagaimana proses pendidikan itu dilaksanakan
sangat menentukan kualitas hasil pencapaian tujuan pendidikan. Kualitas proses
pendidikan menggejala pada dua segi, yaitu kualitas komponen dan kualitas
pengelolaannya. Kedua segi tersebut satu sama lain saling tergantung. Walaupun
komponen-komponennya cukup baik, seperti tersedianya prasarana dan sarana serta
biaya yang cukup, juga ditunjang dengan pengelolaan yang andal maka pencapaian
tujuan tidak akan tercapai secara optimal. Demikian pula bila pengelolaan baik
tetapi di dalam kondisi serba kekurangan, akan mengakibatkan hasil yang tidak
optimal.
Dalam PKBM Darul Fikri, kedua
unsur tersebut yaitu kualitas komponen dan kualitas pengelolaan belum tercapai.
Dikarenakan untuk sarana belajar mengajar pun belum memiliki tempat yang permanen, masih memakai bangunan seperti
Sekolah Dasar, dan prasarana pun tidak lengkap dikarenakan kurangnya dana dari
pemerintah. Namun PKBM ini bisa bertahan karena pengelolaan yang baik.
PKBM Darul Fikri
menggunakan metode pembelajaran pedagogik (pendidikan anak-anak) dan andragogik
(pendidikan/pembelajaran orang dewasa). Dalam proses belajar mengajar PKBM ini menggunakan
tiga sistem
pembelajaran yaitu,
1.
Mandiri, dimana tutor
memberikan modul atau buku pelajaran kepada warga belajar, dengan modul
tersebut warga belajar dituntut untuk belajar sendiri/mandiri di rumah.
2.
Kelompok, tutor
memberikan tugas atau PR kepada warga belajar untuk dikerjakan secara
berkelompok.
3.
Tutorial, warga belajar
datang ke PKBM untuk mendapatkan pengajaran dengan tatap muka langsung dengan
tutor yang berlangsung tiga kali dalam seminggu.
Proses belajar mengajar di PKBM ini cukup baik karena dapat berjalan
walaupun perbedaan usia diantara warga belajar dan tutor bervariasi. Namun
tidak banyak warga belajar dengan usia yang masih muda enggan untuk belajar,
dilihat dari presentase kehadiran dalam 1 minggu hanya 1 kali masuk, hal itu
disebabkan karena rata-rata warga belajar hanya ingin langsung ujian tidak
untuk belajar.
BAB 4
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pusat
Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah suatu tempat kegiatan pembelajaran
masyarakat yang diarahkan pada pemberdayaan potensi masyarakat sehingga
tercipta hubungan antara pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat.
Unsur-unsur proses pendidikan sangat
berpengaruh terhadap jalannya proses belajar mengajar, unsur-unsur
tersebut yaitu subjek yang dibimbing (peserta
didik/warga belajar), orang yang membimbing (pendidik/tutor), interaksi antara
peserta didik dengan pendidik (interaksi edukatif), tujuan pendidikan bersifat
abstrak, pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan), cara yang
digunakan dalam bimbingan (alat dan metode), tempat peristiwa bimbingan
berlangsung (lingkungan pendidikan).
B.
Saran
Sebuah sarana belajar harus dapat membuat warga
belajar ataupun siapa saja yang berada disana merasa nyaman, terutama jika
terdapat fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. PKBM Darul
Fikri pun seharusnya memiliki sarana belajar yang kondusif, fasilitas
belajar yang lengkap dan menggunakan metode pembelajaran yang dapat memotivasi
warga belajar untuk belajar sehingga mengurangi warga belajar yang malas
untuk melakukan kegiatan belajar.
tengkyu :)
BalasHapusTrima kasih
BalasHapusJUdule ngono isine ngene..? macam mana kau
BalasHapusbackrounde item kok tulisanne item pisan e mbak
BalasHapus